Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah persahabatan Harimau dan Tikus

 Pada suatu hari seekor Harimau sedang tidur. Namun tiba-tiba, ada seekor tikus yang lewat di depan wajahnya, dan itu membuatnya terbangun. Harimau itu pun lalu dengan sigap menangkap si Tikus dan akan membunuhnya. Si Tikus lalu memohon supaya diampuni. "Maafkan aku tuan, Ampuni aku," kata si Tikus. "Jika kamu mau mengampuni aku, suatu saat nanti akan kubalas kebaikanmu." Sambil tertawa, Harimau itu lalu melepaskan tikus itu.


Harimau dan Tikus
Kisah persahabatan Harimau dan tikus


Beberapa hari kemudian, saat sedang berjalan-jalan di hutan, Harimau tertangkap oleh sekelompok pemburu, yang kemudian mengikat dia dengan tali-tali yang kuat. Para pemburu itu meninggalkan dia di sana, untuk diambil keesokan harinya, saat tenaganya sudah habis dan dia tidak bisa melawan lagi. Si Harimau berusaha membebaskan diri, tapi tidak bisa karena tali-tali itu terlalu kuat. 

Dia pun mengaum untuk meminta tolong. Si Tikus mendengar auman si Harimau dari kejauhan, lalu datang untuk membantunya. Dia menggigiti tali-tali yang mengikat Harimau sampai putus. 

Setelah Harimau terbebas dari perangkap para pemburu, Tikus lalu berkata kepadanya. "Dulu kamu tertawa saat aku berkata bahwa suatu saat aku pasti akan membalas kebaikanmu. Sekarang sudah terbukti bukan? Aku, seekor tikus, bisa menyelamatkan kamu, seekor Harimau !"dan Harimau pun meminta maaf pada Tikus, dan mereka berdua pun akhirnya menjadi sahabat karib yang saling tolong menolong.

Pelajaran yang dapat diambil dari dongeng ini: Kita tidak boleh meremehkan orang lain. Mungkin saja suatu saat nanti kita akan membutuhkan pertolongan darinya.Bantulah mereka yang membutuhkan


Post a Comment for "Kisah persahabatan Harimau dan Tikus"